Sabtu, 29 Desember 2012

Kiat Menjadi Remaja Produktif


     Setiap waktu, hari, menit yang berlalu menjadi tuntutan terhadap diri kita untuk menyempurnakan persiapan, dengan menempa diri dengan banyaknya tugas dan pengalaman. Ujian sudah ada di depan kita, baik UMPTN maupun ulangan umum. Kita berharap dengan segala daya upaya yang kita lakukan itu, Allah SWT berkenan memilih kita bergabung dengan kemuliaan yang lebih besar lagi. 

Berikut ini adalah karakter menjadi remaja yang produktif agar bisa sukses dalam setiap ujian yang ada di depan kita :
1: Bangun… Bangun…
Bukan hanya kita lakukan waktu kita bangun dari tidur, melainkan mem-‘bangun’-kan orientasi diri kita agar jadi sehat juga. Karena aktifitas tanpa orientasi, arah dan tujuan yang jelas maka hasilnya pun tidak bernilai untuk perjalanan selanjutnya. Misalnya : kamu pengen masuk Fakultas Kedokteran setelah lulus SMU, so kamu tetapkan tujuan itu baik-baik.

2: Berwawasan dan Belajar
Seorang remaja yang produktif dan mampu tampil produktif, harus tahu segala kejadian terhadap dirinya sebagai bekal seorang pembelajar yang berwawasan luas. Jadi meskipun kamu pengen masuk Kedokteran, jangan belajar Biologi terus, donk !!! Pelajari hal yang lainnya, misalkan perkembangan Bioteknologi ataupun pelajaran lain yang berkaitan dengan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri. 

3: Mengambil Inisiatif
Seringkali kita merasa ‘bete’ dan ‘bosan’ dengan tugas yang diberikan guru. Boleh aja kok kamu mengambil alternatif kegiatan yang lain. Misalkan kamu refreshing ke tempat pariwisata, cari tempat yang nyaman untuk belajar dan lainnya tergantung kemampuan kamu. Karena dengan berinisiatif kamu bisa melatih diri untuk mengambil tanggung jawab dan pada titik tertentu bisa membuat rasa pede kita maksimal. Coba, dech !!!

4: Menghargai usaha-usaha perbaikan
Produktif, tidak selalu berarti melakukan semua sendiri. Dalam konteks ini, kita bisa berinisiatif membentuk kelompok belajar untuk memecahkan dan saling membantu jika ada kesulitan belajar. Sehingga dengan hal itu kamu bisa saling menguatkan satu sama lain untuk capai kesuksesan.

5: Berpartisipasi pada prestasi
Seorang remaja yang produktif selalu haus akan prestasi. Ia mengulang karakter mulia Adullah bin Zubair r.a. yang mengatakan: “Istirahatku adalah kematianku”. Ia lahir seiring dengan berbagai problema di hadapannya. Dan kematian yang datang barulah menjadi akhir dari segala aktifitasnya.

6: Menjadi yang terbaik
Dengan komitmen menjadi yang terbaik, baik untuk hari ini, esok dan seterusnya, Ia mampu menghimpun bekal hari ini untuk esok hari, ia akan mampu mengenali dirinya.Insya Allah.
Remaja, suatu masa yang dipenuhi hal-hal yang positif untuk kita kerjakan. Tetaplah berbuat positif, sebab masa muda proses yang tepat untuk melakukan sesuatu yang kelak kita syukuri karena bisa merubah diri kita hari ini untuk persiapan di masa depan nanti. So, jadilah Insan Muda yang produktif. Okey ???
[Disarikan dari Kader Produktif, Al Izzah]

.,
.,